Menjalankan bisnis toko online merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan beberapa tahun terakhir dan tampaknya akan terus berkembang pesat di masa mendatang. Hal itu disebabkan oleh kepraktisan yang ditawarkan, di mana pembeli cukup menunggu barang pesanan sampai di rumah hampir tanpa perlu mengeluarkan tenaga sedikitpun. Selain itu, adanya toko online juga memungkinkan transaksi antar pulau bahkan antar negara untuk item yang tidak mungkin didapatkan di daerah atau negara tersebut. Sedangkan dari sisi penjual, memulai bisnis toko online dapat menghasilkan keuntungan maksimal dengan modal minimal, di mana modal tersebutlah yang acap kali menjadi pertimbangan besar seseorang ketika hendak menekuni bisnis, apalagi membuka sebuah toko yang tentu memerlukan modal sangat besar. Salah satu pihak yang dapat mengatasi hal tersebut adalah marketplace Indonesia sebagai department store virtual.

Cara Memulai Bisnis Toko Online

Bila ingin sukses dalam menjalankan toko online, tentu ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh pebisnis tersebut. Mulai dari membuat konsep toko, mempersiapkan ketersediaan barang, promosi, transaksi, hingga pengiriman produk. Berikut ini adalah tahap demi tahap yang tepat dalam menjalankan bisnis toko online :

  1. Tahap persiapan

Dalam tahapan ini, pebisnis harus memikirkan konsep dari toko dan produk yang dijual. Maksud dari konsep termasuk merancang nama, logo, serta strategi pemasaran. Hal itu untuk memudahkan pembeli mengingat toko yang dimiliki penjual. Sehingga bila merasa puas berbelanja di toko tersebut dan berniat merekomendasikan kepada teman pun tidak akan bingung dalam memberikan informasi.

  1. Tahap penyediaan barang

Salah satu keuntungan menjalankan toko online adalah penjual tidak perlu menyetok banyak barang sebagaimana toko konvensional. Dengan demikian dapat pula menghemat anggaran. Cukup sediakan stok produk yang kiranya akan menjadi hits. Dalam hal ini tentu bergantung pada kecermatan dalam analisa serta kemampuan promosi.

  1. Tahap promosi

Manfaatkan sosial media. Tindakan tersebut wajib dilakukan bagi yang bergelut di bisnis toko online. Jangkauan sosial media tidak hanya mencakup kalangan tertentu, tetapi pengguna di seluruh dunia. Untuk tahap pertama, gunakan dulu saja akun sosial media yang sudah dimiliki dan wajib untuk punya banyak daftar teman atau pengikut. Setelah bisnis cukup ramai, baru buatkan akun sosial media tersendiri. Untuk SNS khusus toko, sebaiknya jangan dikunci untuk memudahkan calon konsumen dalam memilih-milih item yang diinginkan.

Setelah sosial media, maka website merupakan langkah lanjutan. Berpromosi melalui website resmi faktanya dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap penjual. Jika memiliki kemampuan desain grafis yang lumayan baik, maka tidak perlu membayar jasa pembuatan website dengan payment online. Tetapi kalau tidak memiliki keahlian sama sekali dalam hal tersebut, maka sebaiknya mengeluarkan sedikit uang untuk jasa desain grafis semi-profesional yang masih terjangkau atau meminta tolong pada kolega. Marketplace Indonesia juga merupakan sarana promosi yang ampuh untuk mengembangkan bisnis toko online yang digeluti. Namun, sebelum bergabung menjadi merchant di marketplace, ada beberapa hal yang memerlukan pertimbangan mendalam.

  1. Tahap transaksi

Dalam tahap ini, pastikan sedang dalam mode kesabaran tinggi karena tidak jarang akan menemui pembeli yang aneh, banyak bertanya tapi akhirnya batal memesan, atau kepribadian-kepriadian lainnya. Jangan terpancing emosi dan tetap melayani pembeli dengan baik kecuali bila memang tindakan atau kata-katanya sudah melampaui batas toleransi. Kesabaran penjual biasanya menjadi nilai tambah pada pembeli dan akan membuatnya merasa puas serta memutuskan menjadi pelanggan. Ketika membungkus produk yang sudah dipesan oleh konsumen juga usahakan serapi mungkin agar tidak menimbulkan kesan menjalankan bisnis secara asal-asalan.

  1. Tahap penyelesaian transaksi

Pengiriman dan menunggu konfirmasi penerimaan barang dari konsumen termasuk dalam tahap ini. Jangan lupa untuk segera memberikan nomor resi pengirimian paket ketika sudah mendapatkannya agar tidak menimbulkan rasa was-was di benak pembeli karena tidak kunjung mendapatkan kabar pengiriman. Sebagai penjual yang baik juga usahakan tidak menunda terlalu lama untuk proses pengiriman barang, terlebih sekarang hampir semua jasa ekspedisi sudah menyediakan layanan pick up paket ke rumah. Ingat pula untuk menanyakan kritik dan saran kepada pembeli sebagai perbaikan supaya pelayanan ke depan dapat lebih baik lagi.

Untung Rugi Bergabung Marketplace Indonesia

Di atas telah disinggung sedikit tentang bergabung dengan marketplace yang tak lain adalah pusat perbelanjaan virtual yang menyediakan bermacam kebutuhan secara online. Sebagai penjual, ada untung dan rugi yang memerlukan pertimbangan secara seksama.

v  Keuntungan

1)     Jangkauan penjualan menjadi lebih luas karena calon pembeli zaman sekarang begitu konsumtif ketika menjelajah marketplace yang menyediakan beragam kebutuhan dalam satu situs saja. Terutama bagi mereka yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk pergi berbelanja sendiri.

2)     Produk lebih cepat laku dan dalam satu hari kemungkinan besar akan selalu ada pembeli karena jumlah pengunjung situs marketplace dapat mencapai ratusan bahkan jutaan setiap harinya.

v  Kerugian

1)     Proses penerusan uang pembeli kepada penjual setelah mendapatkan konfirmasi barang diterima agak lama sehingga membutuhkan kesabaran.

2)     Banyak merchant yang mengeluh bahwa pihak marketplace acap kali tidak mengganti biaya pengiriman barang ketika mereka menawarkan promo bebas ongkos kirim sehingga mau tidak mau penjual merugi akibat biaya pengiriman.

3)     Persaingan antar merchant di marketplace sangatlah sengit. Sebab saat dilakukan pencarian oleh konsumen, semua nama toko penyedia akan muncul bersamaan dan pada akhirnya selalu yang menawarkan harga paling murah yang terpilih. Kondisi tersebut kemudian menghasilkan perang harga yang sebenarnya justru merugikan masing-masing toko.

4)     Krebilitas toko sangat tergantung pada bintang yang diberikan oleh pembeli yang telah melakukan transaksi di toko tersebut. Mereka umumnya akan memberikan berapa banyak bintang yang mewakili pelayanan di merchant tersebut. Hal ini tentu cukup merugikan bagi merchant-merchant baru yang belum juga mendapatkan pembeli di mana kemudian gagal pula untuk mendapatkan penilaian dan posisinya akan tetap menjadi penjual biasa yang kerap diragukan oleh para pembeli.

Tidak ada yang salah jika memang ingin bergabung dengan marketplace karena secara nyata memang sangat membantu dalam pengembangan bisnis online merchant yang bergabung. Namun, dibutuhkan tenaga serta kesaraban ekstra untuk menjalaninya karena bergabung dalam sebuah badan usaha besar memerlukan adaptasi yang cukup memakan waktu.

Marketplace sendiri kini sudah beragam sekali di Indonesia. Penjual bebas memilih marketplace mana yang akan dijadikan tempat bernaung. Mendaftar ke semua marketplace juga bukan merupakan tindakan ilegal. Namun, alangkah baiknya bila masih dalam tahap permulaan untuk fokus saja pada satu marketplace agar tidak keteteran yang kemudian berujung salah pencatatan pesanan konsumen yang akan sangat mengecewakan pembeli. Jika bisnis online yang ditekuni sudah semakin sibuk, baru mencari pegawai yang khusus menangani pesanan online.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/payment-gateway-bisnis